-->

Apa Perbedaan Motor 2 Tak dan 4 Tak Yang Harus Kamu Ketahui

GuaTutorial - Apa Perbedaan Motor 2 Tak dan 4 Tak Yang Harus Kamu Ketahui Motor adallah salah satu transportasi yang sudah awam kita lihat dan kita gunakan. Ketika zaman dahulu, ketika manusia belum mengenal mesin uap, manusia masih menggunakan  tenaga manual sebagai penarik kereta atau masih mengayuh saat bersepeda. Namun James watt berhasil menciptakan mesin uap dan perkembangan teknologi semakin maju hingga saat ini kita akhirnya bisa naik pesawat.

Dan ketika kita sudah memasuki era millenium, dimana kita bisa kemana saja dengan mudah, kita kadang lupa dengan jasa jasa para penemu tersebut. 

Ketika kita berbicara mengenai motor, tentu kita kadang bertanya tanya dalam hati kita, apa itu motor 2 tak, apa itu motor 4 tak. Tentu ini adalah sebuah hal yang biasa bagi para bengkel, tetapi ini akan menajdi hal yang luar biasa bagi para petani.

Mereka pahamnya jika motor dua tak itu ngebul, boros, dan suaranya bising, sedangkan motor 4 tak itu ngirit, halus dan nyaman dikendarai. 

Y boleh boleh saja mereka berasumsi seperti tersebut, mengingat mereka mungkin tidak tahu apa itu motor dua tak apa itu motor empat tak. Nah kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan motor 2 tak dan 4 tak.

1. Pengertian motor 2 tak 
Motor 2 tak atau 2 langkah adalah motor dimana dalam satu kali putaran poros engkol akan terjadi satu kali usaha. Perhatikan gambar dibawah ini : 


Dlam bagan tersebut terlihat, dimana dalam satu putaran poros engkol, maka akan terjadi Hisap, kompresi, usaha dan buang. Jika kita menganalogiikan, maka putaran 360 derajat kita bagi 4, jadi setiap gerakan adalah 90 derajat. Untuk motor 4 tak, nanti akan kita jelaskan di bawah.

Saya akan bagikan bagan bagaimana motor 2 Tak tersebut : 
  • Ketika poros engkol berputar 90 derajat, maka itu adalah gerakan hisap
  • 90 dearajat lagi, maka akan melakukan gerakan kompresi,
  • 90 derajat lagi maka akan melakukan usaha
  • 90 derajat lagi maka akan buang
Nah dalam sekali putaran poros engkol, maka akan terjadi sekali usaha, inilah mengapa motor 2 tak itu lebih kuat, lebih kencang dan suaranya lebih bising.

2. Pengertian motor 4 Tak
Motor 4 tak atau 4 langkah adalah, dimana dalam dua kali putaran poros engkol, mesin akan melakukan usaha sekali. Ini yang membuat motor 4 tak ini kelihatan lebih halus, lebih irit. Nah buat anda, berikut gambar dari cara kerja motor 4 tak : 


Nah dalam bagan tersebut, siklus dari gerakanya adalah 180 derajat sekali, jadi dalam dua kali putaran poros engkol, akan melakukan usahanya. Ibarat kita pikir secara sederhana saja, maka tenaga motor 2 tak itu dua kali motor 4 tak.

Nah setelah kita paham mengenai apa itu motor 2 tak dan 4 tak, mari kita ketahui apa perbedaan motor 2 tak dan 4 tak tersebut. Berikut beberapa perbedaan motor 2 tak dan 4 tak : 
  1. Motor 2 tak lebih boros
  2. Motor 2 tak lebih kuat tenaganya
  3. Motor 2 tak harus lebih teliti dalam perawatan
  4. Motor 4 tak lebih irit
  5. Motor 4 tak lebih halus
Nah mungkin ini dulu yang bisa saya bagikan tentang apa itu motor dua tak dan empat itu, semoga ini bisa menambah pengetahuan anda akan apa itu motor 2 tak dan 4 tak. Sekian dari admin, selamat belajar. 

0 Response to "Apa Perbedaan Motor 2 Tak dan 4 Tak Yang Harus Kamu Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel