-->

Gangguan Gangguan Pada Pengapian Rx King

GuaTutorial - Gangguan Gangguan Pada Pengapian Rx King Rx King adalah motor dengan tenaga luar biasa besarnya, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik untuk mencapai kecepatan 60 km/ jam. Jika kita menilik dari segi kecepatan, maka motor dua tak ini tak kalah dengan Ninja 2 tak. Karena hal inilah, mengapa motor Rx King ini kerap menajdi motor favorit untuk touring antar propinsi.

Hal yang membuat performa Rx King bisa seperti itu, tak lain karena pengapian Rx King yang baik. Pengapian yang baik itu yang seperti apa ? Seperti di kutip di beberapa buku dan media, Pengapian yang baik itu adalah pengapian yang stabil dan apinya selalu besar. 


Pengapian yang stabil ini akan membuat pembakaran berlangsung sempurna, namun anda juga harus tahu, pembakaran yang sempurna itu dipengaruhi oleh beberapa aspek. Nah kali ini kita akan membahas mengenai pengapian Rx King, mulai dari semua komponen, fungsi dan apa saja gangguan yang sering dialami oleh pengapian Rx King.

Nama Komponen dan Fungsi dari masing masing komponen pengapian rx king

1.Magnet Pengapian
Magnet pengapian adalah komponen utama dalam sistem pengapian konvensional, dimana magnet pengapian ini berfungsi menciptakan arus listrik, dimana nantinya arus listrik ini akan disalurkan menuju ke cdi. Berikut gambar magnet pengapian Rx King :


Biasanya mengganti magnet kymco atau magnet kimcil akan membuat performa rx king menjadi lebih tangguh, dan buat sobat kinger yang ingin mengganti magnet dengan magnet kymco, bisa membaca artikel :  Cara mengganti magnet pengapian dengan rx king dengan magnet kymco  Nah selain membuat performa rx king makin kencang dan makin garang, mengganti magnet ini mampu membuat kinerja pengapian makin jos. 
2. CDI
Capacitor Discharge Ignition adalah kepanjangan dari CDI. dimana CDI ini berfungsi untuk mengatur kapan terjadinya pengapian pada motor. Jika jaman dulu kita sering mendengar yang namanya pengapian menggunakan Platina, CDI ini adalah kelanjutan dari sistem pengapian platina. CDI terdiri dari bebeerapa komponen elektrik, dan lebih simple namun untuk fungsi, jauh lebih bagus ketimbang platina.


3. Ignition Coil / Koil
Koil adalah kumparan yang berbentuk tabung, dimana ini berfungsi untuk meningkatkan listrik, sehingga pembakaran pada ruang bakar dapat berlangsung dengan sempurna. Koil ini adalah kumparan atau lilitan dan magnet, dimana nantinya ini akan menyalurkan arus api dari cdi ke busi. Berikut gambar koil rx king :


4. Busi 
Busi adalah komponen yang berkaitan langsung dengan ruang bakar, dimana di busi inilah api akan dipercikkan, sehingga pembakaran akan berlangsung,

Baca juga artikel mengenai : Penyebab busi rx king cepat mati

Nah 4 Komponen utama pengapian inilah yang menjadi aktor utama motor bisa hidup, memang selain pengapian, masih ada komponen lain yang membuat motor bisa hidup.

Ok setelah kita mengenal apa saja komponen utama pengapian, lalu apa saja trouble shooting atau gangguan gangguan yang sering dialami pengapian ? Dan kali ini kita akan spesifik kepada pengapian rx king. 

Ada beberapa gengguan yang sering terjadi pada pengapian Rx King, berikut beberapa hal tersebut :
  • Percikan api busi kecil, sehingga performa motor jadi kurang garang, cara mengatasinya adalah cek businya, dan api dari koilnya. Jika api dari koil besar, dan businya kecil, maka ganti businya.
  • Busi tak memantikkan api sedkit pun, maka motor otomatis akan mati, cek busi, koil, jika busi mati, ganti.
  • Api dari magnet tak sampai ke cdi, ini ada beberapa hal, salah satunya adalah kumparanya bocor, sehingga listrik tidak akan muncul
  • Listrik dari magnet ada, tetapi di cdi tidak ada, ini ada masalah di Cdi nya, maka langkahnya adalah mengganti cdi nya.
Nah itu adalah beberapa hal yang sering terjadi pada pengapian Rx king, dimana gangguan gangguan tersebut jika kita tahu dan paham, maka akan membuat kita lebih waspada dan lebih hati hati dalam merawat dan mengotak atik King. Selamat belajar ya sobat Kingersss.....salam nguokxzzzzzz

0 Response to "Gangguan Gangguan Pada Pengapian Rx King "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel