-->

Penyebab Busi Rx King Ngupil dan Cepat Mati

GuaTutorial - Penyebab Busi Rx King Ngupil dan Cepat Mati Busi adalah komponen utama motor Rx king maupun motor konvensonal lainya bisa hidup. Busi ini adalah pemantik api, sehingga proses pembakaran bisa terjadi. Jika busi yang bentuknya kecil ini tidak berfungsi, sudah bisa dipastikan motor tak akan hidup.

Jika anda pengguna motor motor tua, pasti anda pernah mengalami yang namanya mengganti busi. Pergantian busi ini dalam teori keselamatan berkendara, sebaiknya diganti tiap 3000 km, mengapa demikian ? Ini karena pada km diatas 3000, performa busi akan menurun, dan jika sudah menurun, maka api yang dihasilkan akan kecil.

Busi ini pula memiliki macam merk dan jenis, jika anda penggemar motor motor drag, pasti paham dengan namanya busi racing. Apa itu busi racing ? Busi racing adalah busi yang diciptakan oleh produsen busi agar api yang dihasilkan besar, sehingga memungkinkan pembakaran mesin sempurna. efek dari pembakaran sempurna adalah motor memiliki tarikan yang kencang.


Namun kali ini kita tidak membahas mengenai busi racing, yang kan kita bahas adalah topik mengenai busi cepat mati atau cepat ngupil pada motor Rx king ? mengapa saya memilih rx king ? sebenarnya sama saja, tetapi Rx king ini menurut saya lebih giman gitu.

Kembali ke topik utama mengenai penyebab busi ngupil dan selanjutnya mati. Setelah saya teliti dan kaji, ada beberapa penyebabnya :

1. Campuran bensin dan oli samping yang tidak pas
Motor Rx king adalah salah satu jenis motor 2 tak, dimana peran oli samping ini sangat penting dan inti dari peng oli an dari motor Rx king itu sendiri. Lalu apa akibanya jika pencampuran oli samping tidak tepat ? Setidaknya ada dua hal tentang ini :
  • Jika pencampuranya ( oli samping dan bensin ) terlalu banyak bensin, maka akan menyebabkan mesin cepat panas dan membuat mesin rx king bisa ngancing atau berhenti sekejap. Jika sudah ngancing, maka kita harus menurunkan mesin rx king untuk di cek.
  • Jika pencampuran oli samping terlalu banyak olinya, maka akan menyebabkan busi cepat mati, ini karena terjadi pengendapan kotoran hasil bakar di ruang bakar, dan utamanya akan menpel pada busi. Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya ganti busi anda.
2. Pompa oli tak bekerja maksimal
Pompa oli ini adalah elemen utama yang membuat oencampuran bensin dan oli tepat. Jika pompa oli samping tak bekerja maksimal, maka akan menyebabkan dua hal diatas. Langkah apa yang kita ambil agar pompa oli bisa pas ? Kita bawa ke makanik, dna minta di stel pompa olinya.

3. Stelan Karbu kurang pas atau terlalu gemuk 
Stelan karbu yang tepat akan membuat motor memiliki peerforma yang baik, hal itu berlaku pada karbu Rx kig. Jika penyetelan karbu kurang tepat, selain menyebabkan suara rx king jadi mbrebet, juga bisa menyebabkan busi cepat ngupil dan mati.

Nah 3 hal tersebut, jika kita selalu lebih teliti, maka busi motor kita, terlebih motor Rx king tak cepat mati. Selain itu, servis yang sesuai akan membuat performa motor, terlebih businya akan lebih awet. Buat kinger yang kepingin memiliki Rx king yang memiliki lari kencang bisa membaca artikel di sini mengenai  Cara membuat performa rx king jadi makin garang

Nah semoga apa yang saya bagi ini dapat menambah wawasan serta menambah pengetahuan sobat Kinger dengan tumpangan Rx king nya. 

0 Response to "Penyebab Busi Rx King Ngupil dan Cepat Mati"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel